Visi dan Misi

Madrasah Aliyah Darul Ma'arif

Sebagai lembaga pendidikan Islam yang telah berdiri tahun 1962, MA Darul Ma’arif tetap berkomitmen untuk memberikan pendidikan terbaik kepada peserta didik yang siap menjalani kehidupan sebagai Insan Mandiri dan produktif di masyarakat. Mulai dari pemahaman dan pembiasaan keagamaan, literasi hingga keterampilan, setiap hari di MA Darul Ma’arif diisi dengan kegiatan yang adaptif dengan perkembangan zaman sesuai potensi peserta didik.

KH. Idham Chalid Pendiri Yayasan Darul Ma'arif Cipete

Zaman akan berubah. Tidak ada lagi peperangan, yang ada “war of science” (perang ilmu pengetahuan-red)

KH. Idham Chalid — Pendiri Yayasan Darul Ma'arif (Pahlawan Nasional)
Visi

Terwujudnya lulusan yang berprestasi, berbudaya, berakhlak berlandaskan iman dan taqwa.

Misi
  1. Mengoptimalkan perencanaan pembelajaran yang mengintegrasikan pengelolaan dan pelestarian lingkungan hidup;
  2. Mengoptimalkan proses pembelajaran dan layanan bimbingan konseling dengan metode dan model dengan mengintegrasikan pengelolaan dan pelestarian lingkungan hidup;
  3. Mengembangkan potensi akademik dan bakat Siswa dalam pengembangan diri bidang olahraga dan seni budaya secara efektif;
  4. Mengoptimalkan pemenuhan sarana prasarana pendukung yang ramah lingkungan;
  5. Membiasakan budaya hidup bersih dan sehat, anti korupsi, anti narkoba, berwawasan dan peduli lingkungan.
  6. Menumbuhkan budaya meneliti dan jiwa kewirausahaan
  7. Mengoptimalkan pembiasaan pelaksanaan ibadah.
Tujuan
  1. Menciptakan pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif dan menyenangkan dengan menggunakan teknologi informasi.
  2. Meningkatkan kecerdasan spiritual, intelektual, emosional, dan sosial.
  3. Meningkatkan jumlah lulusan yang diterima di perguruan tinggi negeri.
  4. Meningkatkan kemampuan baca tulis Al Qur’an dengan baik dan benar.
  5. Meningkatkan kemampuan berbahasa asing.
  6. Meningkatkan life skill serta mengembangkan jiwa wirausaha.
  7. Meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan.
  8. Menciptakan tata kelola administrasi yang akuntabel.
  9. Menciptakan budaya bersih, disiplin, jujur, dan bertanggung jawab.
  10. Menciptakan lingkungan madrasah yang asri dan suasana kondusif.
Target
  1. 1Prosentase peserta didik yang diterima di Perguruan Tinggi sebesar 70 % dari jumlah siswa yang mendaftar;
  2. Bakat dan potensi siswa meningkat melalui program pengembangan diri
  3. Jumlah siswa yang mengikuti kompetisi pada setiap lomba di tingkat daerah dan nasional meningkat menjadi 50%;
  4. Karakter siswa yang cerdas dan terampil dalam kegiatan akademik meningkat yang ditunjukkan dengan kebiasaan berpikir kritis dan cara memecahkan masalah yang dihadapi. Karakter dewasa, mandiri dan sadar lingkungan ditunjukkan dengan terwujudnya pembiasaan bertindak sesuai norma kehidupan/regulasi yang ditetapkan dan dipantau melalui jurnal afektif guru;
  5. Sarana prasarana pendukung dalam proses pembelajaran terpenuhi ditunjukkan dengan ruang kelas bersih, meubelair, LCD, Koneksi Internet, laboratorium dan sarana pendukung lainnya;
  6. Kemampuan pendidik dan tenaga kependidikan dalam perkembangan informasi, komunikasi dan teknologi yang berwawasan lingkungan meningkat ditunjukkan dengan 50 % dari tenaga pendidik menggunakan TI dalam pembelajaran;
  7. Tata kerja dari tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang sinergi untukmemberikan pelayanan dengan ramah, cepat, akurat, akuntabel, berbudaya dan berkarakter baik yang ditunjukkan dengan hasil Indeks Kepuasan Masyarakat dalam kategori BAIK;
  8. Budaya warga sekolah untuk gemar membaca, hidup bersih dan sehat, antikorupsi, antinarkoba, dan berwawasan lingkungan berjalan dengan baik ditunjukkan dengan mengikuti literasi 15 menit sebelum pembelajaran,
  9. menegakkan kejujuran dalam proses penilaian, membiasakan cuci tangan dan peduli sampah, sekolah bebas rokok;
  10. Pelaksanaan ibadah dan penerapan nilai-nilai religius di kehidupan sehari-hari